Header Ads Widget

Misi Suci Mahasiswa KKN Angk. XVIII Adalah Menramahkan Lingkungan

 


Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan pada hari Sabtu , 29 Januari 2022 / 26 Jumadil Akhir 1443 H mengadakan acara pelepasan Mahasiswa KKN Angk. XVIII sejumlah 103 orang. Dalam momentum itu pula sekaligus dirangkaiakan kembali dengan acara Seminar &  Sosialisasi tentang Pentingnya Perilaku Ramah Lingkungan yang menitikberatkan pada perilaku meminimalisir, memilah & memanfaatkan khususnya  sampah plastik  yang ada dilingkungan kampus. Beda halnya dengan kegiatan Sosialisasi sebelumnya yang dilaksanakan di Musholah kampus.

Kegiatan ini lebih semarak dan  antusias, pesertanya jauh lebih bnyak dari sebelumnya dan  dihadiri pula oleh Ketua STAI Al Furqan Ibu Dr. St. Habibah, S. Ag., M. Hum., M. A, Waka 1 Dr.Muhammad Tang,S.H. I, M.S. I, Dr. H. Muchtar Nuhung ,M.Ag selaku Direktur Pasca Sarjana, dan Kahumas Kamarauddin, S. Pd. I, M. A yang sekaligus menjadi moderator dalam acara tersebut. 

Adapaun Pemateri yang dihadirkan kembali adalah Wirawati, S, KM (Analis Adaptasi Dampak Perubahan Iklim). Dalam pemaparannya ada 5 Program Kegiatan yang ditawarkan dan bisa  dilakukan oleh mahasiswa KKN dengan  murah, mudah, & efesien dalam memanfaatkan serta meminimalisir penumpukan sampah Plastik yaitu 1). Mahasiswa  dapat mendaftarkan diri Menjadi Nasabah Bank Sampah terdekat, 2). Mendirikan Bank Sampah Kampus dan nantinya dijual kepengepul, 3). Rutin melakukan Sedekah Sampah sebagai aksi sosial kepada pemulung, 4). Memanfatkan Ecobrik sesuai kebutuhan kampus seperti pembuatan gapura, taman, pagar dll, 5). Membuat Biopori sebagai upaya mengatasi genangan air disekitar kampus & musholah kampus.

Dalam pemaparannya disimpulkan pula banyak hal yang bisa dilakukan dalam mengurangi  dampak perubahan iklim dengan hal-hal sederhana dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Hemat Energi Listrik(mematikan lampu yang tidak terpakai, mematikan TV pada saat tidur, dll); Melakukan Pengolahan Sampah dengan Prinsip 3R ( Reduse,Reuse, Recycle); Mengurangi Penggunanaan Kendaraan Pribadi (Tidak perlu naik kendaaraan bermotor, jika jaraknya dekat dan mudah terjangkau, selain tubuh sehat karena berjalan kaki  tidak pula mengeluarkan biaya bensin & juga tidak berkontribusi menghasilkan emisi kelingkungan); Menanam Pohon/Tanaman lokal  yang relatif tahan terhadap perubahan iklim dan cuaca ekstrem disekitar lingkungan kampus.

Kegiatan seminar & sosialisasi ini  memberikan edukasi dan pemahaman serta upaya para mahasiswa dalam  Menerapkan dan Menjadikan Budaya  Ramah terhadap Lingkungan dengan berbagai kegiatan yang Sederhana, Murah dan Efisien serta Efektif dalam meminimalisir penumpukan serta pemanfaatan  sampah plastik dalam upaya mengurangi  dampak perubahan iklim " Dan diakhir seminar pemateri mengeluarkan jargon “ Kalau Bukan Kita Siapa Lagi? Dan Kalau Bukan Saat ini Kapan Lagi? Rubah Perilaku dan Ayo Sama - Sama Turut Andil dan menjadi Generasi Milenial Penyelamat Bumi Pertiwi, Pungkasnya.


_

Reporter: Sulfiana

Editor: STAI AL-FURQAN INFO

Posting Komentar

0 Komentar