Header Ads Widget

Pentingnya Menerapkan dan Menjadikan Budaya Ramah terhadap Lingkungan



Makassar, 31 Desember 2021. Dipenghujung Tahun 2021 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Furqan Makassar Mengadakan Sosialisasi Mengenai Pentingnya Perilaku & Pola Hidup Ramah Lingkungan.* Utamanya perilaku  meminimalisir, memilah dan memanfaatkan sampah plastik seperti kemasan makanan dan minuman yang terbuat dari aluminium, plastik maupun kaca yang sering sampahnya dibuang begitu saja  ke tanah yang dapat mencemari dan merusak lingkungan. 

Kegiatan sosialisasi ini memberikan edukasi kepada mahasiswa mengenai *" Pentingnya Menerapkan dan Menjadikan Budaya  Ramah terhadap Lingkungan"* sebagai langkah awal penghuni asrama putra dan putri melakukan pemilahan &  pengelolaan/pemanfaatan sampah  plastik. Sebagian sampah yang bernilai dan bisa dijual di sedekahkan kepada pemulung sedangkan sampah yang tidak bisa dijual seperti pembungkus indomie, shampo dll, dipotong/gunting kecil lalu dimasukkan ke dalam botol dan dipadatkan yang dikenal dengan istilah Ecobrick yang  kelak akan digunakan sesuai kebutuhan kampus (pembuatan taman, kursi & meja dll).

Narasumber yang dihadirkan adalah Wirawati, S. KM (Analis Adaptasi Dampak Perubahan Iklim) yang dihadiri oleh Dr. Muhammad Tang, S.H.I., M.S.I., (Waka I) bersama Mahasiswa Asrama Putra dan Putri. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menambah wawasan & pengetahuan mahasiswa serta upaya penerapan perilaku ramah lingkungan  sehingga bisa menjadi budaya di Asrama kampus STAI Al Furqan Makassar. 

Sosialisasi  bertempat di Mushola Kampus dan berlangsung sangat efektif disertai dengan tanya jawab. 

Dalam penyampaiannya,  Wirawati, S.KM, mengatakan bahwa untuk mewujudkan hal tersebut perlu membangun komitmen dan kerjasama antara Pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dengan Pengurus Asrama Putra dan Putri. *Adapun bentuk  kerjasamanya yaitu Sedekah Sampah dan Ecobrick yang bertujuan sebagai Aksi Sosial kepada pemulung dan sebagai media untuk meminimalisir timbunan sampah plastik khususnya di kawasan pemukiman asrama putra putri serta lingkungan kampus pada umumnya, demi terwujudnya perilaku dan budaya ramah terhadap lingkungan*.

Posting Komentar

0 Komentar