Jelajah Asia Tenggara, 16 Perguruan Tinggi Indonesia Merintis Kolaborasi dengan 10 Kampus

   
Jelajah Asia Tenggara, 16 Perguruan Tinggi Indonesia Merintis Kolaborasi dengan 10 Kampus

Jelajah Asia Tenggara, 16 Perguruan Tinggi Indonesia Merintis Kolaborasi dengan 10 Kampus



Dimulai di Kuala Lumpur, Malaysia (26 Oktober 2022). Kemudian berakhir 10 November 2022. Rangkaian kegiatan selama rentang waktu 16 hari tersebut.


Student Mobility in Southeast Asia menghadirkan 16 Perguruan Tinggi/Instansi dari Indonesia bermitra dengan 10 Perguruan Tinggi dari Malaysia, Singapura dan Thailand yang telah berlangsung selama 12 hari.


Keenam belas perguruan tinggi tersebut (1) STIA Abdul Haris Makassar, (2) STIT Hasyim Asy'ari Padangsidimpuan, (3) STAI DDI Maros (4) STAI DDI Sidrap.


Selanjutnya, (5) STAI Yapnas Jeneponto, (6) STAI Al Furqan Makassar, (7) STAI DDI Pangkep, (8) STIT Sunan Giri Bima.


Kemudian ikut bergabung (9) STAI Rawa Aopa Kendari, (10) IAI DDI Polman, (11) IAI Al-Amanah Jeneponto, (12) IAIN Manado, (13) IAIN Ponorogo, (14) UIN Alauddin Makassar, (15) Universitas Mandala Waluya, Kendari, dan (16) Universitas Islam Negeri Padangsidimpuan


Menurut Ismail Suardi Wekke, kegiatan ini dalam rangka berbicara bagaimana peluang-peluang kolaborasi dilaksanakan. Setelah sebelumnya diawali dengan mengenal kepakaran masing-masing perguruan tinggi.


“Kegiatan ini dimulai di kampus University College of Yayasan Pahang (UCYP), Malaysia sekaligus tempat kerjasama UCYP, Malaysia bersama 16 perguruan tinggi Indonesia. Kemudian dilanjutkan ICIESEA di Kampus Faoni University dan terakhir Student Mobilty di Universiti Utara Malaysia (UUM), Malaysia “ ungkap Ismail Suardi Wekke, Ketua STIA Abdul Haris Makassar


Kegiatan yang berlangsung 12 hari ini berlokasi di University College of Yayasan Pahang (UCYP), Malaysia, Prince of Songkla University, Thailand, Fatoni University, Thailand, Universiti Utara Malaysia (UUM), Malaysia.


Dilanjutkan dengan Universiti Teknikal Malaysia Melaka, dan di Singapore Muhammadiyah Islamic College. Sesi terakhir bersama Universiti Kebangsaan Malaysia, di fakulti pendidikan.


Dua perguruan tinggi lainnya, Universiti Pendidikan Sultan Idris, dan Universiti Malaya. Kesemuanya, 10 perguruan tinggi yang terlaksana dalam dua rangkaian kegiatan Student Mobility (26 Oktober sd 6 November 2022), kemudian dilanjutkan Academic Mobility (6 sd 10 November 2022).


Secara keseluruhan kegiatan berlangsung selama 16 hari. Dalam dua kegiatan di atas. “Ini menjadi awal dalam saling mengenal mengenal,” kata Ismail.


Bahkan di Fakulti Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia, menyambut LoI dan dilanjutkan dengan Bengkel Penulisan Buku.


Kemudian di Universiti Malaya, dilaksanakan satu lokakarya untuk Identifikasi topik-topik penelitian bersama dan Mulanya “Engaging Art and Humanities Series”.


“Walau bukan keseluruhan Asia Tenggara, setidaknya tiga negara menjadi bagian awal dalam penerokaan. Sehingga bisa mengenal sisi-sisi kekhasan Asia Tenggara,” kata Ismail.


Last update
Add Comment