Header Ads Widget

Wakil Ketua I STAI Al-Furqan Makassar Ziarahi Makam AGH. Abdurrahman Ambo Dalle

 

Setelah mengurusi agenda akademik yang cukup melelahkan, Wakil Ketua I STAI Al-Furqan Makassar menyambangi ibunda beliau di tanah Arung Pancana Toa, Kabupaten Barru.

Walau hanya menyisihkan waktu sehari, rindu beliau tampaknya terbayar lunas sebelum bertolak ke Darul Da'wah wal Irsyad (DDI) Mangkoso untuk berziarah ke makam Anregurutta Haji (AGH) Abdurrahman Ambo Dalle. Minggu, 03/06/2022.

Tujuan ziarah makam sang "Maha Guru dari Tanah Bugis" tersebut untuk mengenang dan mengambil hikmah dari perjuangan Gurutta Ambo Dalle dalam mendirikan dan mengembangkan Pendidikan Islam dan Dakwah yang eksistensiya masih sangat begitu cerah, secerah pancaran Nur Ilahi sesuai yang termaktub dalam Mars DDI bait kedua.

Dalam tradisi keislaman ziarah makam kekasih-kekasih Allah SWT, juga dikenal dengan istilah Tawasul.

Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Hasani Al-Maliki, dalam kitabnya "Mafahim Yajibu an Tushahhah", halaman 123-124. Menjelaskan:

"Tawasul adalah salah satu cara doa dan salah satu pintu tawajuh kepada Allah SWT. Tujuan hakikinya itu adalah Allah. Sedangkan sesuatu yang dijadikan tawasul hanya bermakna jembatan dan wasilah untuk taqarrub kepada-Nya."

"Satu hal yang dapat kita ambil ibrah dari perjuangan ulama-ulama kita (dari tanah Bugis-Makassar) khususnya untuk kami para pimpinan (Al-Furqan), bahwa semua perjuangannya didasari oleh keikhlasan, karena berkahnyalah lembaganya masih tegak berdiri." Tutur Dr. Muhammad Tang, M. Si, yang juga alumnus Pondok Pesantren DDI Mangkoso dan STAI Al-Furqan Makassar.

Hadir mendampingi perjalanan beliau, Pengurus Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Ahmad Abdullatif, S.H., M.H dan Ketua Dewan Pembina Takhassus IT STAI Al-Furqan, Sahyul Pahmi, S. Pd., M. Pd.


~~~

© STAI AL-FURQAN INFO 

Posting Komentar

0 Komentar